Mengupas Sejarah Wangsit Prabu Siliwangi
Wangsit Prabu Siliwangi
Wangsit Prabu Siliwangi mengandung
hakekat yang sangat tinggi oleh karena di dalamnya digambarkan situasi kondisi
sosial beberapa masa utama dengan karakter pemimpinnya dalam kurun waktu perjalanan
panjang sejarah negeri ini pasca kepergian Prabu Siliwangi
(ngahyang/menghilang). Peristiwa itu ditandai dengan menghilangnya Pajajaran.
Sesuai sabda Prabu Siliwangi bahwa
kelak kemudian akan ada banyak orang yang berusaha membuka misteri Pajajaran.
Namun yang terjadi mereka yang berusaha mencari hanyalah 0rang-orang sombong
dan takabur.
Seperti diungkapkan dalam naskah
tersebut berikut ini :
”Ti mimiti poé ieu, Pajajaran
leungit ti alam hirup. Leungit dayeuhna, leungit nagarana. Pajajaran moal
ninggalkeun tapak, jaba ti ngaran pikeun nu mapay. Sabab bukti anu kari, bakal
réa nu malungkir! Tapi engké jaga bakal aya nu nyoba-nyoba, supaya anu
laleungit kapanggih deui. Nya bisa, ngan mapayna kudu maké amparan. Tapi anu
marapayna loba nu arieu-aing pang pinterna. Mudu arédan heula.”
Artinya :
“Semenjak hari ini, Pajajaran
hilang dari alam nyata. Hilang kotanya, hilang negaranya. Pajajaran tidak akan
meninggalkan jejak, selain nama untuk mereka yang berusaha menelusuri. Sebab
bukti yang ada akan banyak yang menolak! tapi suatu saat akan ada yang mencoba,
supaya yang hilang bisa ditemukan kembali. Bisa saja, hanya menelusurinya harus
memakai dasar. Tapi yang menelusurinya banyak yang sok pintar dan sombong. Dan
bahkan berlebihan kalau bicara.”
Namun dalam naskah Wangsit
Siliwangi ini dikatakan bahwa pada akhirnya yang mampu membuka misteri
Pajajaran adalah sosok yang dikatakan sebagai ”Budak Angon” (Anak Gembala).
Sebagai perlambang sosok yang dikatakan oleh Prabu Siliwangi sebagai orang yang
baik perangainya.
”Sakabéh turunan dia ku ngaing
bakal dilanglang. Tapi, ngan di waktu anu perelu. Ngaing bakal datang deui,
nulungan nu barutuh, mantuan anu sarusah, tapi ngan nu hadé laku-lampahna. Mun
ngaing datang moal kadeuleu; mun ngaing nyarita moal kadéngé. Mémang ngaing
bakal datang. Tapi ngan ka nu rancagé haténa, ka nu weruh di semu anu saéstu,
anu ngarti kana wangi anu sajati jeung nu surti lantip pikirna, nu hadé laku
lampahna. Mun ngaing datang; teu ngarupa teu nyawara, tapi méré céré ku
wawangi.”
Artinya :
”Semua keturunan kalian akan
aku kunjungi, tapi hanya pada waktu tertentu dan saat diperlukan. Aku akan
datang lagi, menolong yang perlu, membantu yang susah, tapi hanya mereka yang
bagus perangainya. Apabila aku datang takkan terlihat; apabila aku berbicara
takkan terdengar. Memang aku akan datang tapi hanya untuk mereka yang baik
hatinya, mereka yang mengerti dan satu tujuan, yang mengerti tentang harum
sejati juga mempunyai jalan pikiran yang lurus dan bagus tingkah lakunya.
Ketika aku datang, tidak berupa dan bersuara tapi memberi ciri de¬ngan
wewangian.”
Selanjutnya dikatakan juga apa
yang dilakukan oleh sosok ”Budak Angon” ini sbb :
”Aya nu wani ngoréhan terus
terus, teu ngahiding ka panglarang; ngoréhan bari ngalawan, ngalawan sabari
seuri. Nyaéta budak angon; imahna di birit leuwi, pantona batu satangtungeun,
kahieuman ku handeuleum, karimbunan ku hanjuang. Ari ngangonna? Lain kebo lain
embé, lain méong lain banténg, tapi kalakay jeung tutunggul. Inyana jongjon
ngorehan, ngumpulkeun anu kapanggih. Sabagian disumputkeun, sabab acan wayah
ngalalakonkeun. Engke mun geus wayah jeung mangsana, baris loba nu kabuka jeung
raréang ménta dilalakonkeun. Tapi, mudu ngalaman loba lalakon, anggeus nyorang:
undur jaman datang jaman, saban jaman mawa lalakon. Lilana saban jaman, sarua
jeung waktuna nyukma, ngusumah jeung nitis, laju nitis dipinda sukma.”
Artinya
:
”Ada yang berani menelusuri
terus menerus, tidak mengindahkan larangan, mencari sambil melawan, melawan
sambil tertawa. Dialah Anak Gembala; Rumahnya di belakang sungai, pintunya
setinggi batu, tertutupi pohon handeuleum dan hanjuang. Apa yang dia
gembalakan? bukan kerbau bukan domba, bukan pula harimau ataupun banteng,
tetapi ranting daun kering dan sisa potongan pohon. Dia terus mencari, mengumpulkan
semua yang dia temui, tapi akan menemui banyak sejarah/kejadian, selesai jaman
yang satu datang lagi satu jaman yang jadi sejarah/kejadian baru, setiap jaman
membuat sejarah. Setiap waktu akan berulang itu dan itu lagi.”
Dari bait di atas digambarkan
bahwa sosok ”Budak Angon” adalah sosok yang misterius dan tersembunyi. Apa yang
dilakukannya bukanlah seperti seorang penggembala pada umumnya, akan tetapi
terus berjalan mencari hakekat jawaban dan mengumpulkan apa yang menurut orang
lain dianggap sudah tidak berguna atau bermanfaat. Dalam hal ini dilambangkan
dengan ranting daun kering dan tunggak pohon. Sehingga secara hakekat yang
dimaksudkan semua itu sebenarnya adalah hal-hal yang berkaitan dengan sejarah
kejadian (asal-usul/sebab-musabab) termasuk karya-karya warisan leluhur seperti
halnya yang kita baca ini. Dimana hal-hal semacam itu karena kemajuan jaman
oleh generasi digital sekarang ini dianggap sudah usang/kuno tidak berguna dan
bermanfaat. Pada akhirnya yang tersirat dalam hakekat perjalanan panjang
sejarah negeri ini adalah berputarnya Roda Cokro Manggilingan (pengulangan
perjalanan sejarah).
Gambaran situasi jaman dalam
naskah Wangsit Siliwangi diawali dengan lambang datangnya ”Kerbau Bule” dan
juga ”Monyet-monyet” yang kemudian ganti menyerbu selepas Kerbau Bule pergi.
Ilustrasi ini melambangkan saat datangnya para penjajah yang berdatangan ke
negeri ini, baik itu Portugis maupun Belanda. Dengan politik adu domba mereka
maka terjadi peperangan antar saudara. Sejarah banyak yang hilang dan diputarbalikkan.
Seperti yang tertulis berikut ini :
”Daréngékeun! Nu kiwari
ngamusuhan urang, jaradi rajana ngan bakal nepi mangsa: tanah bugel sisi
Cibantaeun dijieun kandang kebo dongkol. Tah di dinya, sanagara bakal jadi
sampalan, sampalan kebo barulé, nu diangon ku jalma jangkung nu tutunjuk di
alun-alun. Ti harita, raja-raja dibelenggu. Kebo bulé nyekel bubuntut, turunan
urang narik waluku, ngan narikna henteu karasa, sabab murah jaman seubeuh
hakan.
Ti dinya, waluku ditumpakan
kunyuk; laju turunan urang aya nu lilir, tapi lilirna cara nu kara hudang tina
ngimpi. Ti nu laleungit, tambah loba nu manggihna. Tapi loba nu pahili, aya
kabawa nu lain mudu diala! Turunan urang loba nu hanteu engeuh, yén jaman ganti
lalakon ! Ti dinya gehger sanagara. Panto nutup di buburak ku nu ngaranteur
pamuka jalan; tapi jalan nu pasingsal!. Nu tutunjuk nyumput jauh; alun-alun
jadi suwung, kebo bulé kalalabur; laju sampalan nu diranjah monyét! Turunan
urang ngareunah seuri, tapi seuri teu anggeus, sabab kaburu: warung béak ku
monyét, sawah béak ku monyét, leuit béak ku monyét, kebon béak ku monyét, sawah
béak ku monyét, cawéné rareuneuh ku monyét. Sagala-gala diranjah ku monyét.
Turunan urang sieun ku nu niru-niru monyét. Panarat dicekel ku monyet bari diuk
dina bubuntut. Walukuna ditarik ku turunan urang keneh. Loba nu paraeh
kalaparan. ti dinya, turunan urang ngarep-ngarep pelak jagong, sabari
nyanyahoanan maresék caturangga. Hanteu arengeuh, yén jaman geus ganti deui
lalakon.”
Artinya :
”Dengarkan! yang saat ini
memusuhi kita, akan berkuasa hanya untuk sementara waktu : tanahnya kering
padahal di pinggir sungai Cibantaeun dijadikan kandang kerbau kosong. Nah di
situlah, sebuah negara akan pecah, pecah oleh kerbau bule, yang digembalakan
oleh orang yang tinggi dan memerintah di pusat kota. Semenjak itu, raja-raja
dibelenggu. Kerbau bule memegang kendali, dan keturunan kita hanya jadi orang
suruhan. Tapi kendali itu tak terasa sebab semuanya serba dipenuhi dan murah
serta banyak pilihan.Semenjak itu, pekerjaan dikuasai monyet. Suatu saat nanti
keturunan kita akan ada yang sadar, tapi sadar seperti terbangun dari mimpi.
Dari yang hilang dulu semakin banyak yang terbongkar. Tapi banyak yang tertukar
sejarahnya, banyak yang dicuri bahkan dijual! Keturunan kita banyak yang tidak
tahu, bahwa jaman sudah berganti! Pada saat itu geger di seluruh negara. Pintu
dihancurkan oleh mereka para pemimpin, tapi pemimpin yang salah arah!Yang
memerintah bersembunyi, pusat kota kosong, kerbau bule kabur. Negara pecahan
diserbu monyet! keturunan kita enak tertawa, tapi tertawa yang terpotong, sebab
ternyata, pasar habis oleh penyakit, sawah habis oleh penyakit, tempat padi
habis oleh penyakit, kebun habis oleh penyakit, perempuan hamil oleh penyakit.
semuanya diserbu oleh penyakit. Keturunan kita takut oleh segala yang berbau
penyakit. Semua alat digunakan untuk menyembuhkan penyakit sebab sudah semakin
parah. yang mengerjakannya masih bangsa sendiri. Banyak yang mati kelaparan.
Semenjak itu keturunan kita banyak yang berharap bisa bercocok tanam sambil sok
tahu membuka lahan. Mereka tidak sadar bahwa jaman sudah berganti cerita lagi.”
Kemudian akhirnya masuk pada
masa Perang Dunia II dengan datangnya pasukan Jepang yang dilambangkan dengan
gemuruh yang datang dari ujung laut utara. Dimana masa penjajahan Jepang
menandai berakhirnya penindasan di negeri ini. Terutama peristiwa jatuhnya bom
atom di Nagasaki dan Hiroshima oleh Amerika, sebagai perlambang dalam naskah
Wangsit Siliwangi bahwa situasi carut marut yang terjadi ada yang menghentikan
yaitu orang seberang.
”Laju hawar-hawar, ti tungtung
sagara kalér ngaguruh ngagulugur, galudra megarkeun endog. Génjlong saamparan
jagat! Ari di urang ? Ramé ku nu mangpring. Pangpring sabuluh-buluh gading.
Monyét ngumpul ting rumpuyuk. Laju ngamuk turunan urang; ngamukna teu jeung
aturan. loba nu paraéh teu boga dosa. Puguh musuh, dijieun batur; puguh batur
disebut musuh. Ngadak-ngadak loba nu pangkat nu maréntah cara nu édan, nu
bingung tambah baringung; barudak satepak jaradi bapa. nu ngaramuk tambah rosa;
ngamukna teu ngilik bulu. Nu barodas dibuburak, nu harideung disieuh-sieuh.
Mani sahéng buana urang, sabab nu ngaramuk, henteu beda tina tawon,
dipaléngpéng keuna sayangna. Sanusa dijieun jagal. Tapi, kaburu aya nu nyapih;
nu nyapihna urang sabrang.”
Artinya :
”Lalu sayup-sayup dari ujung
laut utara terdengar gemuruh, burung menetaskan telur. Riuh seluruh bumi!
sementara di sini? Ramai oleh perang, saling menindas antar sesama. Penyakit
bermunculan di sana sini. Lalu keturunan kita mengamuk: mengamuk tanpa aturan.
Banyak yang mati tanpa dosa, jelas-jelas musuh dijadikan teman; yang
jelas-jelas teman dijadikan musuh. Mendadak banyak pemimpin dengan caranya
sendiri. yang bingung semakin bingung. Banyak anak kecil sudah menjadi bapa.
Yang mengamuk tambah berkuasa; mengamuk tanpa pandang bulu. Yang Putih
dihancurkan, yang Hitam diusir. Kepulauan ini semakin kacau, sebab banyak yang
mengamuk, tidak beda dengan tawon, hanya karena dirusak sarangnya. Seluruh nusa
dihancurkan dan dikejar. Tetapi, ada yang menghentikan, yang menghentikan
adalah orang seberang.”
Lalu selanjutnya terdapat suatu
masa yang digambarkan dengan munculnya seorang pemimpin negeri ini dengan
gambaran sbb :
”Laju ngadeg deui raja, asalna
jalma biasa. Tapi mémang titisan raja. Titisan raja baheula jeung biangna hiji
putri pulo Dewata. da puguh titisan raja; raja anyar hésé apes ku rogahala!”
Artinya :
”Lalu berdiri lagi penguasa
yang berasal dari orang biasa. Tapi memang keturunan raja dahulu kala dan
ibunya adalah seorang putri Pulau Dewata. Karena jelas keturunan raja; penguasa
baru susah dianiaya!”
Siapakah sosok yang dimaksud
dalam bait ini? Dia adalah Soekarno, Presiden RI pertama. Ibunda Soekarno
adalah Ida Ayu Nyoman Rai seorang putri bangsawan Bali. Ayahnya seorang guru
bernama Raden Soekeni Sosrodihardjo. Namun dari penelusuran secara spiritual,
ayahanda Soekarno sejatinya adalah Kanjeng Susuhunan Pakubuwono X. Nama kecil
Soekarno adalah Raden Mas Malikul Koesno. Beliau termasuk ”anak ciritan” dalam
lingkaran kraton Solo. (Silakan dibuktikan..) Pada masa kepemimpinan Soekarno
banyak terjadi upaya pembunuhan terhadap diri beliau, namun selalu saja
terlindungi dan terselamatkan.
Selanjutnya setelah berganti
masa digambarkan bahwa semakin maju semakin banyak penguasa yang buta tuli,
memerintah sambil menyembah berhala. Kondisi ini melambangkan pemimpin yang
tidak mau mengerti penderitaan rakyat. Memerintah tidak dengan hati tapi segala
sesuatunya hanya mengandalkan akal pikiran/logika dan kepentingan pribadi
ataupun kelompok sebagai berhalanya. Sehingga yang terjadi digambarkan banyak
muncul peristiwa di luar penalaran. Menjadikan orang-orang pintar hanya bisa
omong alias pinter keblinger.
Seperti yang dikatakan sbb :
”Mingkin hareup mingkin hareup,
loba buta nu baruta, naritah deui nyembah berhala. Laju bubuntut salah nu
ngatur, panarat pabeulit dina cacadan; da nu ngawalukuna lain jalma tukang
tani. Nya karuhan: taraté hépé sawaréh, kembang kapas hapa buahna; buah paré
loba nu teu asup kana aseupan. Da bonganan, nu ngebonna tukang barohong; nu
tanina ngan wungkul jangji; nu palinter loba teuing, ngan pinterna kabalinger.”
Artinya :
”Semakin maju semakin banyak
penguasa yang buta tuli, memerintah sambil menyembah berhala. Lalu anak-anak
muda salah pergaulan, aturan hanya menjadi bahan omong¬an, karena yang
membuatnya bukan orang yang mengerti aturan itu sendiri. Sudah pasti: bunga
teratai hampa sebagian, bunga kapas kosong buahnya, buah pare banyak yang tidak
masuk kukusan. Sebab yang berjanjinya banyak tukang bohong, semua diberangus janji-janji
belaka, terlalu banyak orang pintar, tapi pintar keblinger.”
Lalu dalam situasi dan kondisi
tersebut yang tidak berbeda dengan saat ini kemudian muncul sosok orang yang
dikatakan dalam naskah Wangsit Siliwangi sbb :
”Ti dinya datang budak janggotan.
Datangna sajamang hideung bari nyorén kanéron butut, ngageuingkeun nu keur
sasar, ngélingan nu keur paroho. Tapi henteu diwararo! Da pinterna kabalinger,
hayang meunang sorangan. Arinyana teu areungeuh, langit anggeus semu beureum,
haseup ngebul tina pirunan. Boro-boro dék ngawaro, malah budak nu janggotan, ku
arinyana ditéwak diasupkeun ka pangbérokan. Laju arinyana ngawut-ngawut dapur
batur, majarkeun néangan musuh; padahal arinyana nyiar-nyiar pimusuheun. Sing
waspada! Sabab engké arinyana, bakal nyaram Pajajaran didongéngkeun. Sabab
sarieuneun kanyahoan, saenyana arinyana anu jadi gara-gara sagala jadi
dangdarat. Buta-buta nu baruta; ming¬kin hareup mingkin bedegong, ngaleuwihan
kebo bulé. Arinyana teu nyaraho, jaman manusa dikawasaan ku sato!”
Artinya :
”Pada saat itu datang pemuda
berjanggut, datangnya memakai baju serba hitam sambil menyanding sarung tua.
Membangunkan semua yang salah arah, mengingatkan pada yang lupa, tapi tidak
dianggap. Karena pintar keblinger, maunya menang sendiri. Mereka tidak sadar,
langit sudah memerah, asap mengepul dari perapian. Alih-alih dianggap, pemuda
berjanggut ditangkap dimasukan ke penjara. Lalu mereka mengacak-ngacak tanah
orang lain, beralasan mencari musuh tapi sebenarnya mereka sengaja membuat
permusuhan. Waspadalah! sebab mereka nanti akan melarang untuk menceritakan
Pajajaran. Sebab takut ketahuan, bahwa me¬reka yang jadi gara-gara selama ini.
Penguasa yang buta, semakin hari semakin berkuasa melebihi kerbau bule, mereka
tidak sadar jaman manusia sudah dikuasai oleh kelakuan hewan.”
Sosok ”Pemuda Berjanggut” di
atas adalah lambang laki-laki sejati yang sangat kuat prinsip dan akidahnya
serta selalu eling (dilambangkan dengan baju serba hitam). Dan dia juga seorang
yang tekun dan taat beribadah serta kuat dalam memegang ajaran leluhur
(dilambangkan dengan menyanding sarung tua). Digambarkan bahwa di tengah
situasi negeri yang panas membara (carut marut) dimana manusia dipenuhi nafsu
angkara, ”Pemuda Berjanggut” datang mengingatkan yang pada lupa untuk kembali
eling. Namun tidak dianggap.
Lalu pada alinea menjelang akhir
dikatakan :
”Jayana buta-buta, hanteu pati
lila; tapi, bongan kacarida teuing nyangsara ka somah anu pada ngarep-ngarep
caringin reuntas di alun-alun. Buta bakal jaradi wadal, wadal pamolahna sorangan.
Iraha mangsana? Engké, mun geus témbong budak angon! Ti dinya loba nu ribut, ti
dapur laju salembur, ti lembur jadi sanagara! Nu barodo jaradi gélo marantuan
nu garelut, dikokolotan ku budak buncireung! Matakna garelut? Marebutkeun
warisan. Nu hawek hayang loba; nu boga hak marénta bagianana. Ngan nu aréling
caricing. Arinyana mah ngalalajoan. Tapi kabarérang.”
Artinya :
”Kekuasaan penguasa buta tidak
berlangsung lama, tapi karena sudah kelewatan menyengsarakan rakyat yang sudah
berharap agar ada mu’jizat datang untuk mereka. Penguasa itu akan menjadi
tumbal, tumbal untuk perbuatannya sendiri. Kapan waktunya? Nanti, saat
munculnya Anak Gembala! Di situ akan banyak huru-hara, yang bermula di satu
daerah semakin lama semakin besar meluas di seluruh negara. Yang tidak tahu
menjadi gila dan ikut-ikutan menyerobot dan bertengkar, dipimpin oleh pemuda
gendut! Sebabnya bertengkar? memperebutkan tanah. Yang sudah punya ingin lebih,
yang berhak meminta bagiannya. Hanya yang sadar pada diam, mereka hanya menonton
tapi tetap terbawa-bawa.”
Situasi tersebut di atas adalah
gambaran apa yang terjadi sekarang ini. Kalau kita perhatikan dengan cermat
alinea ini, maka memang saat ini seluruh rakyat sedang berharap-harap menunggu
datangnya mu’jizat di tengah-tengah carut marut yang sedang berlangsung di
negeri ini. Bencana datang bertubi-tubi. Huru-hara terjadi di mana-mana. Pemuda
Gendut merupakan lambang orang yang rakus dan serakah serta memiliki
kepentingan pribadi. Dalam bait ini dikatakan bahwa penguasa tersebut akan
tumbang pada saat munculnya “Budak Angon”. Dimana kemunculannya ditandai dengan
banyak terjadi huru-hara yang bermula di daerah lalu meluas ke seluruh negeri.
Dalam mengkaji Wangsit
Siliwangi ini kita telah menemui lelakon atau pemeran utama yang dikatakan
dengan istilah ”Budak Angon” (Anak Gembala) dan ”Budak Janggotan” (Pemuda
Berjanggut).
Coba mari kita simak alinea
berikut :
”Nu garelut laju rareureuh;
laju kakara arengeuh; kabéh gé taya nu meunang bagian. Sabab warisan sakabéh
béak, béakna ku nu nyarekel gadéan. Buta-buta laju nyarusup, nu garelut jadi
kareueung, sarieuneun ditempuhkeun leungitna nagara. Laju naréangan budak
angon, nu saungna di birit leuwi nu pantona batu satangtung, nu dihateup ku
handeuleum ditihangan ku hanjuang. Naréanganana budak tumbal. sejana dék
marénta tumbal. Tapi, budak angon enggeus euweuh, geus narindak babarengan
jeung budak anu janggotan; geus mariang pindah ngababakan, parindah ka Lebak
Cawéné!”
Artinya
:
”Yang bertengkar lalu terdiam
dan sadar ternyata mereka memperebutkan pepesan kosong, sebab tanah sudah habis
oleh mereka yang punya uang. Para penguasa lalu menyusup, yang bertengkar
ketakutan, ketakutan kehilangan negara, lalu mereka mencari Budak Angon, yang
rumahnya di ujung sungai yang pintunya setinggi batu, yang rimbun oleh pohon
handeuleum dan hanjuang. Semua mencari tumbal, tapi Budak Angon sudah tidak
ada, sudah pergi bersama Budak Janggotan, pergi membuka lahan baru di Lebak
Cawéné!”
Perselisihan yang terjadi
adalah sia-sia belaka. Karena selalu saja pihak penguasa membantu yang kuat,
berdiri angkuh di atas yang lemah. Ada saat dimana ”wong cilik” sebagai lambang
”si lemah yang tertindas” mencari penuh harap sosok ”Budak Angon dan Budak
Janggotan.” Namun yang dicari sulit ditemukan karena telah pergi ke Lebak
Cawéné. Dimanakah Lebak Cawéné ? Lebak Cawéné adalah suatu lembah seperti
cawan, yang dikatakan di dalam Serat Musarar Joyoboyo sebagai Gunung Perahu.
Tempat itu digambarkan sebagai suatu lembah atau bukit dimana permukaannya
cekung seperti tertumbuk perahu besar. Dikatakan oleh bapak Budi Marhaen,
secara gambaran spiritual, di tempat itu terdapat 2 sumber air besar dan
ditandai dengan 3 pohon beringin (Ringin Telu).
Lebih lanjut dikatakan :
”Nu kasampak ngan kari gagak,
keur ngelak dina tutunggul. Daréngékeun! Jaman bakal ganti deui. tapi engké,
lamun Gunung Gedé anggeus bitu, disusul ku tujuh gunung. Génjlong deui
sajajagat. Urang Sunda disarambat; urang Sunda ngahampura. Hadé deui
saka¬béhanana. Sanagara sahiji deui. Nusa Jaya, jaya deui; sabab ngadeg ratu
adil; ratu adil nu sajati. Tapi ratu saha? Ti mana asalna éta ratu? Engké ogé
dia nyaraho. Ayeuna mah, siar ku dia éta budak angon! Jig geura narindak! Tapi,
ulah ngalieuk ka tukang!”
Artinya :
”Yang ditemui hanya gagak yang
berkoar di dahan mati. Dengarkan! jaman akan berganti lagi, tapi nanti, setelah
Gunung Gede meletus, disusul oleh tujuh gunung. Ribut lagi seluruh bumi. Orang
sunda dipanggil-panggil, orang sunda memaafkan. Baik lagi semuanya. Negara
bersatu kembali. Nusa jaya lagi, sebab berdiri ratu adil, ratu adil yang
sejati. Tapi ratu siapa? darimana asalnya sang ratu? Nanti juga kalian akan
tahu. Sekarang, carilah Anak Gembala. Segeralah pergi. Tapi ingat, jangan
menoleh ke belakang!”
Perlambang "gagak berkoar
di dahan mati" bermakna situasi dimana banyak suara-suara tanpa arti.
Rakyat menjerit-jerit, penguasa mengumbar janji-janji kosong. Sedangkan negara
digambarkan banyak ditimpa bencana. Sekarang ini banyak gunung di nusantara
sedang aktif bahkan beberapa gunung telah meletus. Ribut seluruh bumi merupakan
lambang keresahan dunia internasional dewasa ini terhadap perubahan iklim dunia
dan pemanasan global. Hal ini ditandai dengan banyak bencana yang terjadi di
banyak negara. Nampaknya kita sedang memasuki tahapan situasi ini. Mari kita
renungkan dan perhatikan dengan apa yang sedang terjadi di seluruh negeri ini.
Gunung-gunung telah mulai aktif, banyak terjadi bencana dengan unsur Air, Api,
Angin dan Tanah dimana-mana, banyak pula terjadi huru-hara
(demonstrasi/kerusuhan) sebagai lambang ketidakpuasan di berbagai tempat.
Apakah ini terjadi secara kebetulan ?
Tentu bagi yang memahami, ini
semua adalah merupakan skenario langit.
Hal ini akan kita bedah lagi
setelah sampai pada kesimpulan setelah kita mengkaji karya-karya leluhur
lainnya.
Wallahu a'lam bissawaab
2 komentar:
Sekarang Budak Jangotan sedang terpenjara
Sing waspada! Sabab engké arinyana, bakal nyaram Pajajaran didongéngkeun. Sabab sarieuneun kanyahoan, saenyana arinyana anu jadi gara-gara sagala jadi dangdarat.
Ini menarik, setelah ketemu Budak Jangotan
Posting Komentar