REFORMASI GEREJA
Dalam
menjelaskan proses reformasi gereja McDonald menjelaskan bahwa prosesnya tidak
terjadi secara tiba-tiba, ada beberapa rangkaian peristiwa yang mengawali bibit-bibit perlawanan
masyarakat ini terhadap dominasi kaum agamawan dan lembaga gereja.
Peristiwa-peristiwa tersebut berkaitan
dengan munculnya beberapa peristiwa sosial dan pemikiran dari beberapa tokoh
yang melakukan korelasi terhadap gereja, pemikiran-pemikiran tersebut pada
akhirnya menginspirasi seorang martin luther dan calvin, dua icon reformasi
gereja yang melahirkan paham baru (protestan) dalam agama kristen.
Kemudian
gerakan reformasi gereja sangat di pengarhi oleh pemikiran Jhon Wyclif
(1320-1384) seorang profesor teologi dari Oxford, ide pembaharuannya
iasampaikan sangat hati-hati karena khawatir memicu revolusi sosial. Pemikiran
protes Wyclif pada gereja menitikberatkan pada kritik di bidang ekonomi, ia
menyampaikan pemikiran bahwa yesus dan murid-muridnya umumnya berasal dari
kalangan rakyat jelata yang miskin, pihak gereja slama initidak mempraktekan ‘budaya kemiskinan’ tersebut, bahkan memperkaya bahkan menumpuk harta
dari pajak rakyat, ide radikalnya ini kemudian memancing gerakan nasionalisme,
Tokoh
berikutnya ialah Sir Thomas More (1478-1535) karya besarnya utopia mampu
memberikan insfirasi bagi gerakan sosial keagamaan, ide kepmilikan kolektifitas
dalam utopia telah mengilhami ide-ide sosialis pada dekade selanjutnya,
sedangkan pada bidang keagamaan, karya More ini ternyata mampu mempengaruhi
gerakan reformasi gereja. Karya thomas more yang di kemas dalam sebuah ceruta
tentang sebuah pulau yang bernama utopia ini mengajarkan para pembacanya
tentang pentingnya otonomisasi hak individu yang terbebas dari dominasi sebuah
institusi agama yang slama ini menindasnya.
MARTIN
LUTHER
Umat kristen seharusnya memberi materi kepada kaum
miskin atau memberi pnjaman kepada orang yang membutuhkan dari pada membeli
surat pengampunan dosa (indulgensia) umat kristen seharusnya di ajari bahwa
membeli indugensia harus bersifat sukarela dan tidak ada kewajiban untuk
melakukannya dan apa kewenangan seorang paus memiliki hak menghapus dosa.
Pertama menghancurkan klaim kaum gereja atas penguasa sekuler menurutnya
kekuasaan paus tidaklah univesal sebab paus harus mengakui kekuasaan para
pangeran atau penguasa sekuler suatu negara yang memiliki prinsip-prinsip
kenegaraan yang berdasarkan nasionalisme. Kedua menghentikan klaim bahwa hanya
paus yang kompeten dalam menafsirkan kitab suci. Menurutnya siapapun pengikit
kristus, bukan saja kaum pendeta yang berhak membaca serta menafsirkan kitab
suci. Ketiga menghentikan klaim bahwa hanya paus yang dapat memanggil dewan
dalam dokumen surat terbuka martin luther menulis bahwa seorang individu memiliki
hubungan langsung dengan tuhan, ia tidak memerlukan seorang mediasi (iman)
karena baginya setiap orang adarah imam bagi dirinya. Kemudian luther
menambahkan bahwa seorang kristiani yang benar hidup dan bekerja di dunia tidak
untuk dirinya sendiri, melainkan untuk tetangga, maka pedang sangat di perlukan
dan memang perlu bagi seluruh dunia untuk memelihara perdamaian, untuk
menghukum mereka yang berdosa dan untuk menghalangi kejahatan ia pun harus suka
rela benar tunduk pada pengaturan pedang, membayar pajak, membantu, dan berbuat
apapun untuk melanjutkan keberadaan pemerintahan, sehingga ia dapat di
prtahankan dan diakui dengan kehormataan dan rasa takut.
JHON CALVIN
Pemikirannya dalam bidang keagamaan hampir sama dengan
luther ia mengajaran bahwa kitab suci terbuka untuk pemeluk agama kristen bahwa
tidak hanya pastur yang berhak membaca dan menafsirkan kitab suci .selain itu
dalam konsep takdir ,calvin memiliki pandangan takdir manusia itu telah
ditentukan oleh tuhan, siapapun tidak bisa mengubahnya, takdir manusia telah
ditulis mengenai nasibnya, oleh sebab itu nasib manusia sepenuhnya ditentukan
oleh ibadah dan tuhan. Konsekuensinya menurut calvin keselamatan manusia
sepenuhnya merupakan rahmat serta kasih sayang tuhan, melalui hidup asketis,
selalu berbuat kebajikan dan berjuang melawan hawa nafsu, manusia bisa selamat
bila menjauhi sifat keduniawian seperti kehidupan monastik biarawan atau
biarawati. Tapi bagi calvin pola hidup asketis tidak harus menjadi biarawan
atau biarawati, manusia dapat hidup suci tanpa harus menjadi orang terasing
dari jamannya.
Calvin lebih radikal dalam melakukan reformasi
protestannya, pemikiran politiknya sangat menentang liberalisme serta asas-asas
perwakilan. Keyakinan politik calvin lebih condong ke arah keningratan dari
pada kerajaan, dalam ajarannya hanya ada ruang untuk sang raja saja, yaitu
tuhan sendiri.
Jhon knox
Jhon
knox seorang reformis dari
skotlandia, ia menjadi oposan yang berhadap-hadapan dengan maria stuart.
Pemikiran knox sangat memperjuangkan hak-hak kaum minoritas, baginya kaum
minoritas harus memperoleh kebebasan beragama walaupun di bawah penguasa
absolut, knox juga selain mengkampanyekan pentingnya semangat toleransi dan
resistensi atau semangat perlawanan.
Kemudian dalam the vindiaciae knox menjawab
pertanyaan tersebut, untuk pertanyaan pertama seorang penguasa harus tunduk dan
taat terhadap hukum tuhan yang ada dalam al-kitab, pertanyaan kedua knox lebih
inovatif. Menjawabannya bahawa sebuah kontrak sosial bisa diperbaharui atau
dikonfirmasi baginya jika serangan berupa verbal, pertahanan juga harus
bersifat verbal, jika pedang ditarik terhadap mereka juga dapat mengambil
senjata. Untuk jawaban ketiga menurutnya dalam jejak sejarah pemilihan raja
melalui kitab suci, roma kuno dsb, begitu banyak orang tidak dilahirkan dengan
mahkota dikepala.
Analisis
penulis
Gerakan reformasi, pada dasarnya merupakan
pertentangan antara dunia gereja dengan kaum intelektual atau rasionalis, kaum
pembaharu menilai selama berabad-abad lembaga gereja banyak melakukan pemyimpangan.penyimpangan
tersebut terjadi dalam beberapa bentuk yang dapat dijelaskan sebagai berikut : banyak pemuka katolik memperoleh posisi keagamaan
melalui cara-cara yang tidak etis dan amoral , banyak praktek-praktek kolusi
dalam penempatan jabatan-jabatan di institusi gereja.kedua , penjualan surat
pengampunan dosa (indulgensia), bahwa dengan surat pengampunan tersebut dapat
menghapus dosa-dosa orang-orang, yakni sanak keluarga, sahabat, dan orang yang
telah meninggal dunia : ketiga
gereja katolik telah menjadi agent utama untuk sakramen seci dan ritus-ritus
pemujaan terhadap benda-benda keramat atau tokoh suci : keempat perilaku paus yang tidak bermoral
menyangkut hubungannya dengan wanita, seperti yangterjadi dalam kasus Alexander
VI ; kelima, adanya penarikan pajak yang dirasakan berat, masyarakat tertekan
akibat pajak penduduk terutama dari kalangan kelas bawah (petani, pekerja, dll)
yang berada di bawah dominasi imperium gereja katolik.
Reformasi
gereja tidak saja berdampak pada perubahan radikal doktrin keagamaan kristen ,
reformasi ini sukses merubah total wajah dunia barat , dalm dunia politik
wacana kemandirian serta rasionalisme menemukan tempat nya, banyak
negara-negara di eropa yang ingin melepaskan diri dari dominasi kekuasaan
lembaga kepausan roma , juga dengan adanya pembaharuan ditubuh agama kristen
membawa pengaruh nya terhadap gerakkan-gerakan demokratisasi setiap warga
negara menjadi tersadarkan akan penting nya hak-hak politik.
Terakhir
sejarah dunia senantiasa membuktikan bahwa kebenaran yang dipaksakan
dari penguasa dalam bidang agama maupun politik akan menuai perlawanan dari
rakyat nya.
0 komentar:
Posting Komentar