Perbandingan Negara Besar Dengan Negara Kecil

MONAKO (NEGARA KECIL)
Monako /ˈmɒnəkoʊ/, secara resmi Kepangeranan Monako (bahasa Perancis: Principauté de Monaco) ; Monégasque: Principatu de Múnegu; bahasa Italia: Principato di Monaco; bahasa Occitan: Principat de Mónegue), adalah sebuah negara kota berdaulat, yang terletak di Côte d'Azur di Eropa Barat. Berbatasan dengan Perancis di tiga sisi, dan satu sisi berbatasan dengan Laut Tengah, pusatnya adalah sekitar 16 km (9.9 mil) dari Italia, dan hanya 13 km (8.1 mil) dari timur laut Nice, Perancis. Monako mempunyai luas wilayah 202 km2 (78 mil²), dan populasi sebesar 36,371, dan membuat Monako menjadi negara kedua terkecil, dan paling padat penduduk di dunia. Monako mempunyai perbatasan darat hanya 44 km (27 mil), dan garis pantai 41 km (25 mil), dan lebar yang bervariasi antara 17 km (11 mil), dan 349 meter (382 yard). Titik tertinggi dari negara ini adalah jalur sempit yang bernama Chemin des Révoires di lereng gunung Mont Agel, di distrik Les Révoires, yang tingginya 161 meter (528 feet) di bawah permukaan laut. Quartier terpadat di Monako adalah Monte Carlo, dan Ward terpadat adalah Larvotto/Bas Moulins. Monaco terkenal dengan reklamasi tanahnya, yang telah meningkat ukurannya sekitar 20%. Proyek reklamasi tanah yang sekarang meliputi, memperluas distrik Fontvieille sekitar 008 km2 (3.1 mil²) atau 8 ha (19.8 akre).
Monako adalah sebuah kepangeranan yang diatur dalam monarki konstitusional, dengan Pangeran Albert II sebagai kepala negara. Meskipun Pangeran Albert II adalah raja konstitutional, ia masih punya kekuatan politik yang sangat besar. Rumah Grimaldi telah memerintah Monako, dengan interupsi singkat, sejak 1297. Bahasa resminya adalah Perancis, tetapi Monégasque, Italia, dan Inggris banyak dituturkan dan dimengerti secara luas. Kedaulatan negara secara resmi diakui dalam Perjanjian Franco-Monegasque (1861), dengan Monako menjadi anggota voting penuh PBB pada tahun 1993, setelah banyak perdebatan politik. Meskipun kemerdekaan Monaco dan kebijakan luar negeri yang terpisah, pertahanan adalah tanggung jawab Perancis. Meskipun demikian, Monako tetap mempertahakan dua unit militer, berjumlah 263 orang, Corps des Sapeurs-Pompiers, dan Compagnie des Carabiniers du Prince.
Pembangunan ekonomi Monako didorong pada akhir abad ke-19 dengan kereta api menuju Perancis, dan pembukaan kasino pertama, Monte Carlo. Sejak itu, iklim yang nyaman, pemandangan yang indah, dan fasilitas perjudian telah membuat Monako terkenal di dunia sebagai wisata, dan pusat rekreasi untuk orang kaya dan terkenal. Namun, dalam beberapa tahun terakhir Monako telah menjadi pusat perbankan utama yang memegang lebih dari dana senilai €100 miliar, dan telah berhasil berupaya untuk mendiversifikasi ekonominya ke Layanan dan kecil, nilai tambah tinggi, dan industri non-polusi.
PEMERINTAHAN
Monako telah diatur di bawah monarki konstitusional sejak tahun 1911, dengan Pangeran Monako sebagai kepala negara. Badan eksekutif terdiri dari Menteri Negara sebagai kepala pemerintahan, yang memimpin lima anggota dewan pemerintahan. Hingga 2002, menteri negara adalah warga negara Perancis yang ditunjuk oleh pangeran dari calon yang diajukan oleh pemerintah Perancis, sejak amandemen konstitusi tahun 2002, menteri negara dapat berupa orang Perancis ataupun Monegasque Namun, pada tanggal 3 Maret 2010, Pangeran Albert II mengangkat seorang Perancis bernama Michel Roger sebagai menteri negara.
Berdasarkan konstitusi 1962, pangeran berbagi hak vetonya dengan Dewan Nasional. 24 anggota dewan nasional dipilih untuk masa jabatan lima tahun; 16 yang dipilih melalui sistem pemilihan mayoritas dan 8 oleh perwakilan proporsional. Semua undang-undang memerlukan persetujuan dari dewan nasional, yang saat ini didominasi oleh Uni Monako (UPM), yang berpusat-kanan yang memegang dua puluh satu kursi. Satu-satunya partai lain yang diwakili di dewan nasional adalah Reli dan Isu untuk Monako (REM), yang bersayap-kanan yang memegang hanya tiga kursi. Urusan kota Monako diarahkan oleh Dewan Komunal, yang terdiri dari empat belas anggota yang dipilih dan dipimpin oleh walikota. Berbeda dengan Dewan Nasional, anggota dewan yang dipilih untuk masa empat tahun, adalah non-partisan secara ketat, bagaimanapun, oposisi di dalam dewan sering dibentuk.


KEAMANAN
Pertahanan bangsa yang lebih luas disediakan oleh Perancis. Monako tidak memiliki angkatan laut atau angkatan udara, tetapi pada kedua basis per-kapita dan per-area, Monako memiliki kepolisian terbesar (515 petugas polisi untuk 35.000 orang).
Ada juga kekuatan militer yang kecil yang terdiri dari unit pengawal pribadi pangeran dan istana di Monako-Ville yang disebut Compagnie des Carabiniers du Prince (Perusahaan Carabiniers Pangeran), yang dilengkapi dengan senjata modern seperti senapan M16A2 dan pistol 9 mm (Glock 17), dan semua yang bersama-sama dengan korps militer, senjata api dan pertahanan sipil (pemadam kebakaran) membentuk sejumlah pasukan publik Monako. Compagnie des Carabiniers du Prince diciptakan oleh Pangeran Honoré IV pada tahun 1817 untuk melindungi kerajaan dan keluarga pangeran. Perusahaan tersebut memiliki jumlah 116 perwira dan laki-laki, sedangkan perwira dan tentara bersifat lokal, petugas umumnya melayani di Tentara Perancis. Selain tugas menjaga mereka seperti yang dijelaskan, Carabiniers juga mematroli pantai kerajaan dan perairan pesisir.
EKONOMI
Salah satu sumber utama penghasilan Monako adalah pariwisata. Setiap tahun banyak wisatawan tertarik denagn kasinonya (yang warga dilarang) dan iklim yang nyaman. Pada tahun 2001, sebuah proyek konstruksi baru yang besar memperpanjang dermaga yang digunakan oleh kapal-kapal pesiar di pelabuhan utama. Monako telah berhasil mendiversifikasi basis ekonomi dalam layanan dan kecil, nilai tambah tinggi, industri non-polusi, seperti kosmetik dan biotermik.
Monako mempertahankan monopoli di berbagai sektor, termasuk tembakau dan layanan pos. Jaringan telepon (Monako Telecom) digunakan untuk dimiliki sepenuhnya oleh negara; sekarang hanya memiliki 45%, sedangkan 55% sisanya dimiliki oleh Cable & Wireless Communications (49%) dan Compagnie Monégasque de Banque (6%). Hal ini masih, bagaimanapun, monopoli. Standar hidup di Monako tinggi, kira-kira sebanding dengan di wilayah metropolitan Perancis.
Monaco bukanlah anggota dari Uni Eropa.


GEOGRAFI
Monako adalah sebuah negara-kota yang berdaulat, dengan 5 quartier dan 10 ward, terletak di Côte d'Azur di Eropa Barat. Berbatasan dengan Perancis di tiga sisi, dan satu sisi berbatasan dengan Laut Tengah, pusatnya adalah sekitar 16 km (9.9 mil) dari Italia, dan hanya 13 km (8.1 mil) dari timur laut Nice, Perancis. Monako mempunyai luas wilayah 202 km2 (78 mil²), dan populasi sebesar 36,371, dan membuat Monako menjadi negara kedua terkecil, dan paling padat penduduk di dunia. Monako mempunyai perbatasan darat hanya 44 km (27 mil), dan garis pantai 41 km (25 mil), dan lebar yang bervariasi antara 17 km (11 mil), dan 349 meter (382 yard).
Titik tertinggi dari negara ini adalah jalur sempit yang bernama Chemin des Révoires di lereng gunung Mont Agel, di distrik Les Révoires, yang tingginya 161 meter (528 feet) di bawah permukaan laut.  Titik terendah dari negara ini adalah Laut Tengah yang berada di permukaan laut.
BAHASA
Bahasa resmi Monako adalah Perancis, sedangkan Italia dituturkan oleh komunitas Italia yang cukup besar. Inggris digunakan oleh orang Amerika, Inggris, Kanada, dan Irlandia. Bahasa nasional Monégasque, sekarang dituturkan oleh hanya sebagian kecil penduduk. Bahasa ini menyerupai Liguria, yang diucapkan di Genoa. Di Monaco-Ville, tanda-tanda jalan yang dicetak dalam bahasa Perancis dan Monégasque.
AGAMA
Katolik Roma
Agama resmi Monako adalah Katolik Roma, dengan kebebasan beragama lain yang dijamin oleh konstitusi. Ada lima gereja paroki Katolik Roma di Monako dan satu Katedral, yang merupakan tempat kedudukan uskup agung di Monako. Keuskupan, yang telah ada sejak pertengahan abad ke-19, diangkat ke keuskupan agung pada tahun 1981 sebagai Keuskupan Agung Monako. Santo Pelindung Monako adalah Santo Devota.Kristen dianut oleh 83,2% penduduk Monako.


Anglikan
Ada satu gereja Anglikan, gereja St. Paul, yang terletak di Avenue de Grande Bretagne di Monte Carlo. Pada tahun 2007 gereja ini memiliki keanggotaan formal dari 135 penduduk Anglikan di Monako, tetapi juga melayani sejumlah anggota yang jauh lebih besar dari penganut Anglikan sementara di dalam negeri, sebagian besar sebagai wisatawan. Situs gereja juga mengakomodasi perpustakaan bahasa Inggris lebih dari 3.000 buku. Gereja ini adalah bagian dari Keuskupan Eropa Anglikan.
Yahudi
Asosiasi Culturelle Israélite de Monaco (didirikan 1948) adalah rumah konversi yang berisi sebuah sinagoga, sebuah sekolah komunitas Ibrani, dan toko makanan halal, yang terletak di Monte Carlo. Komunitas ini (sekitar 1.000) terutama terdiri dari orang-orang pensiunan Yahudi dari Inggris (40%) dan Afrika Utara. Dua pertiga dari penduduk Yahudi adalah Sephardi, terutama dari Afrika Utara, sementara sepertiga lainnya adalah Ashkenazi.

ARAB SAUDI (NEGARA BESAR)
Arab Saudi adalah negara Arab yang terletak di Jazirah Arab. Beriklim gurun dan wilayahnya sebagian besar terdiri atas gurun pasir dengan gurun pasir yang terbesar adalah Rub Al-Khali. Bangsa Arab menyebut kata gurun pasir dengan kata sahara.
Negara Arab Saudi ini berbatasan langsung (searah jarum jam dari arah utara) dengan Yordania, Irak, Kuwait, Teluk Persia, Uni Emirat Arab, Oman, Yaman, dan Laut Merah.
Pada tanggal 23 September 1932, Abdul Aziz bin Abdurrahman Al-Sa'ud memproklamasikan berdirinya Kerajaan Arab Saudi atau Saudi Arabia (Al-Mamlakah Al-'Arabiyah Al-Su'udiyah) dengan menyatukan wilayah Riyadh, Najd (Nejed), Ha-a, Asir, dan Hijaz. Abdul Aziz kemudian menjadi raja pertama pada kerajaan tersebut. Dengan demikian dapat dipahami, nama Saudi berasal dari kata nama keluarga Raja Abdul Aziz Al-Sa'ud
Arab Saudi terkenal sebagai negara tempat kelahiran Nabi Muhammad serta tumbuh dan berkembangnya agama Islam, sehingga pada benderanya terdapat dua kalimat syahadat yang berarti "Tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan-Nya".

EKONOMI
Kekayaan yang sangat besar yang didapat dari minyak, sangat membantu permainan dan pembentukan kekuatan peran dari keluarga Kerajaan Saudi baik di dalam maupun luar negeri. Wilayah ini dahulu merupakan wilayah perdagangan terutama di kawasan Hijaz antara Yaman-Mekkah-Madinah-Damaskus dan Palestina. Pertanian dikenal saat itu dengan perkebunan kurma dan gandum serta peternakan yang menghasilkan daging serta susu dan olahannya. Pada saat sekarang digalakkan sistem pertanian terpadu untuk meningkatkan hasil-hasil pertanian.Perindustrian umumnya bertumpu pada sektor Minyak bumi dan Petrokimia terutama setelah ditemukannya sumber sumber minyak pada tanggal 3 Maret 1938. Selain itu juga untuk mengatasi kesulitan sumber air selain bertumpu pada sumber air alam (oase) juga didirikan industri desalinasi Air Laut di kota Jubail. Sejalan dengan tumbuhnya perekonomian maka kota-kota menjadi tumbuh dan berkembang. Kota-kota yang terkenal di wilayah ini selain kota suci Mekkah dan Madinah adalah Kota Riyadh sebagai ibukota kerajaan, Dammam, Dhahran, Khafji, Jubail, Tabuk dan Jeddah.
POLITIK
Arab Saudi menggunakan sistem Kerajaan atau Monarki. Hukum yang digunakan adalah hukum Syariat Islam dengan berdasar pada pengamalan ajaran Islam berdasarkan pemahaman salafush shalih (para sahabat Nabi dan yang mengikuti mereka dengan baik) dan secara umum bermazhab Hambali. pemahaman ini sebagai pemahaman sahabat Nabi terhadap Al Qur'an dan Hadits, sehingga sering menyebutnya sebagai pemahaman Salafi. Memiliki hubungan internasional dengan negara negara lain baik negara negara Arab, negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam, maupun negara-negara lain.
GEOGRAFI
Arab Saudi terletak di antara 15°LU - 32°LU dan antara 34°BT - 57°BT. Luas kawasannya adalah 2.240.000 km². Arab Saudi merangkumi empat perlima kawasan di Semenanjung Arab dan merupakan negara terbesar di Asia Timur Tengah. Permukaan terendah di sini ialah di Teluk Persia pada 0 m dan Jabal Sauda' pada 3.133 m. Arab Saudi terkenal sebagai sebuah negara yang datar dan mempunyai banyak kawasan gurun. Gurun yang terkenal ialah di sebelah selatan Arab Saudi yang dijuluki "Daerah Kosong" (dalam bahasa Arab, Rub al Khali), kawasan gurun terluas di dunia. Namun di bagian barat dayanya, terdapat kawasan pegunungan yang berumput dan hijau. Hampir tidak ada sungai atau danau permanen di negeri ini, tetapi terdapat sangat banyak wadi. Beberapa daerah subur dapat ditemukan dalam endapan aluvial di wadi, basin dan oasis.
Mengenal dan memperhatikan budaya keseharian masyarakat Arab Saudi berikut, antara lain:
1.             Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa utama di dunia yang digunakan oleh lebih dari 200 juta penutur dan digunakan secara resmi di lebih dari 22 negara. Secara umum bahasa Arab memiliki dua varian, pertama bahasa Arab Fusha (bahasa Arab standar/baku) dan kedua bahasa Arab `Amiyyah (bahasa Arab pasaran). Varian yang pertama umumnya digunakan dalam komunikasi resmi seperti dalam sekolah, kantor, khutbah, seminar, urusan diplomatik, berita, buku-buku, majalah, dokumen-dokumen resmi dan sebagainya. Sedangkan varian kedua, sering digunakan untuk keperluan komunikasi atau percakapan sehari-hari oleh warga kebanyakan dari segala kalangan baik yang terpelajar maupun yang buta huruf.
2.             Komunikasi bisa berbentuk verbal maupun non-verbal. Porsi komunikasi non-verbal berkisar antara 60 persen (dalam budaya Barat) hingga 90 persen (dalam budaya Timur) dari keseluruhan komunikasi. Komunikasi verbal digunakan untuk menyampaikan gagasan, informasi atau pengetahuan, sedangkan komunikasi non-verbal digunakan untuk mengungkapkan perasaan. Fakta, peristiwa, ciri-ciri sesuatu lebih mudah kita ungkapkan lewat kata-kata, tetapi emosi seperti rasa sayang, rasa kagum, keterpesonaan, rasa jengkel, rasa benci, atau bahkan kemarahan seseorang tidak jarang diungkapkan lewat isyarat tangan, sentuhan, postur tubuh, nada suara, pandangan mata, ekspresi wajah tertentu, jarak berbicara, penggunaan waktu, penggunaan benda tertentu (busana, interior rumah, kendaraan, perhiasan, jam tangan, dasi, bau-bauan, dsb.).
3.             Meskipun warga Arab Saudi umumnya beragama Islam (mungkin 100%), ini tidak berarti bahwa cara dan etika mereka dalam berkomunikasi selalu santun seperti diajarkan Al-Quran dan Sunnah.
4.             Gaya komunikasi warga Arab Saudi, seperti gaya komunikasi orang-orang Timur Tengah umumnya, berbeda dengan pembicara orang-orang Barat (Amerika atau Jerman) yang berbicara langsung dan lugas. Dengan kata lain, orang Arab masih tidak berbicara apa adanya, masih kurang jelas dan kurang langsung. Umumnya orang Arab suka berbicara berlebihan, sesumbar dan banyak basi-basi (mujamalah). Misalnya, bila seorang Arab Saudi bertemu temannya, maka untuk sekedar tanya kabar, tak cukup sekali dengan satu ungkapan, tapi sampai berkali-kali. Disamping itu bila seorang Arab Saudi mengatakan tepat seperti yang ia maksudkan tanpa pernyataan yang diharapkan, orang Saudi lainnya masih mengira yang dimaksudkannya adalah kebalikannya. Kata sederhana `La` (dalam bahasa Arab `Tidak`) yang diucapkan tamu tidaklah cukup untuk menjawab permohonan pribumi agar tamu menambah makan dan minum. Agar pribumi yakin bahwa tamunya memang betul-betul sudah kenyang, tamu itu harus mengulangi `La` beberapa kali, ditambah dengan sumpah seperti ungkapan `Wallah` (`Demi Allah`).
5.             Masih banyak isyarat non-verbal khas Arab lainnya yang berbeda makna dengan isyarat non-verbal ala Indonesia. Misalnya, sebagai pengganti kata-kata, `Tunggu sebentar!` atau `Sabar dong!` ketika dipanggil atau sedang menyeberangi jalan (sementara ada kendaraan datang mendekat), orang Arab Saudi akan menguncupkan semua jari-jari tangannya dengan ujung-ujungnya menghadap ke atas. Ketika bertemu dengan kawan akrab, mereka terbiasa saling merangkul seraya mencium pipi mitranya dengan bibir. Ini suatu perilaku yang dianggap nyeleneh oleh orang lain umumnya, bahkan mungkin juga oleh orang Indonesia. Orang lain yang tidak memahami budaya Arab akan menganggap perilaku tersebut sebagai perilaku homoseksual. Walhasil, jika kita bersama orang Arab, kita harus tahan berdekatan dengan mereka. Bila kita menjauh, orang Arab boleh jadi akan tersinggung karena menyangka bahwa kehadiran fisiknya dianggap menjijikkan atau kita dianggap orang yang dingin dan tidak berperasaan. Begitu lazimnya orang Arab saling berdekatan dan bersentuhan sehingga senggol menyenggol itu hal biasa di mana pun di Arab Saudi yang tidak perlu mereka iringi dengan permintaan maaf atau permisi.
6.             Sejak kanak-kanak orang Arab dianjurkan untuk mengekspresikan perasaan mereka apa adanya, misalnya dengan menangis atau berteriak. Orang Arab terbiasa bersuara keras untuk mengekspresikan kekuatan dan ketulusan, apalagi kepada orang yang mereka sukai. Bagi orang Arab, suara lemah dianggap sebagai kelemahan atau tipu daya. Tetapi suara keras mereka boleh jadi ditafsirkan sebagai kemarahan oleh orang yang tidak terbiasa mendengar suara keras mereka. Maka pasti akan banyak yang mengira, kalau bicaranya seperti marah ketika seorang pegawai Arab misalnya, sedang memeriksa paspor, iqamah, dsb. Boleh jadi banyak TKI/TKW di Arab Saudi yang belum memiliki pemahaman memadai tentang bahasa Arab lalu mengidentikkan suara majikan mereka yang keras itu dengan kemarahan, meskipun majikan itu sesungguhnya tidak sedang marah. Sebaliknya, senyuman perempuan kita (termasuk TKW) kepada orang Arab/majikan pria mereka yang mereka maksudkan sebagai keramahtamahan atau kesopanan dan kesantunan, boleh jadi dianggap sebuah `godaan` oleh majikan pria mereka. Kesalahpahaman antarbudaya semacam ini, bisa tidak terhindarkan meskipun majikan dan TKW sama-sama Muslim. Mungkinkah problem TKW di Arab Saudi semisal terjadinya pelecehan seksual sebagaimana sering kita baca atau dengar, seperti kasus `majikan Arab memerkosa atau menghamili TKW` dsb berkaitan dengan kesalahpahaman antarbudaya ini? Bisa jadi.
7.             Budaya/tradisi Arab mementingkan keramahtamahan terhadap tamu, kemurahan hati, keberanian, kehormatan, dan harga diri. Nilai kehormatan orang Arab terutama melekat pada anggota keluarganya, khususnya perempuan (kata `hormat` memiliki akar kata yang sama dengan `hurumah` dan `harim` yang artinya `perempuan` atau `istri`), yang tidak boleh diganggu orang luar selain suami atau mahramnya. Di Arab Saudi perempuan adalah properti domestik. Di Saudi, adalah hal yang lazim jika seorang pria tidak pernah mengenal atau bahkan sekadar melihat wajah istri atau anak perempuan dari sahabatnya, meskipun mereka telah lama bersahabat dan sering saling mengunjungi. Juga tidak lazim bagi seorang pria untuk memberi bingkisan kepada istri sahabat prianya itu atau anak perempuannya yang sudah dewasa. Karena itu saran saya, tak usahlah kita coba-coba sok ramah, berlama-lama memandang, apalagi menggoda atau mengganggu.
8.             Aturan rambu-rambu lalu lintas yang berlaku di Arab Saudi berbeda 180º dengan aturan yang berlaku di negara kita. Di Indonesia, setiap pengguna jalan umum baik kendaraan pribadi maupun angkutan umum semua wajib berada di jalur kiri jalan (dan letak roda kemudi mobil berada di bagian kanan). Demikian pula waktu menaikkan atau menurunkan penumpang semua berada di jalur kiri. Karena itu penumpang di Indonesia jika ingin turun dari kendaraan umum, biasanya mereka bilang `Kiri Pak Sopir !`. Hal ini berbeda sama sekali dengan apa yang berlaku di Arab Saudi, semua pengguna jalan termasuk waktu menaikkan maupun menurunkan penumpang berada di jalur sebelah kanan jalan. Demikian pula waktu menaikkan maupun menurunkan penumpang, mereka wajib menepi ke sebelah kanan jalan. Apa jadinya jika tradisi lalu-lintas di negeri sendiri ini tetap `kita pertahankan dan kita bawa` saat kita berada di Arab Saudi? Sebuah features yang dimuat di sebuah surat kabar Arab Saudi (1999) pernah penulis baca: `Tingginya frekuensi kecelakaan lalu-lintas yang menimpa sopir pemula asal Indonesia, diduga karena perbedaan rambu-rambu lalu-lintas yang berlaku di Arab Saudi. Sementara kecelakaan yang menimpa warga pribumi Saudi, umumnya menimpa remaja usia 15-25 tahun disebabkan prilaku ugal-ugalan`.
9.             Ada kesan, pandangan orang Saudi terhadap warga Indonesia agak `stereotif`. Di antara bangsa-bangsa yang datang berkunjung ke Saudi Arabia terlepas motif dan tujuannya, orang-orang asal Indonesia termasuk yang paling mudah diidentifikasi, baik dari segi fisik (sebagaimana umumnya orang Asia Tenggara, orang Indonesia termasuk kelompok bangsa yang berfisik tidak tinggi dan tidak besar), segi pakaian maupun cara berjalan. Mungkin karena begitu banyaknya saudara-saudara kita yang muqim di Saudi baik sebagai TKI maupun TKW, maka kesan pukul rata (generalisasi) itu tidak jarang menimpa saudara kita jama`ah haji. Karena itu tidak usah dimasukkan di dalam hati jika suatu ketika ada di antara kita yang `disangka TKI/TKW` dan merasa kurang `dihargai` sebagai tamu Allah oleh orang Saudi ketika kita sedang di Arab Saudi, terutama di saat kita berjalan-jalan tanpa kostum atau identitas jama`ah haji.
10.         Bagi orang Saudi, rumah betul-betul menjadi bagian privasi yang tak semua orang bisa mengakses ke dalam dengan mudahnya, sebagaimana kebiasaan kita di Indonesia. Desain rumah yang umumnya `hanya` berbentuk segi empat bertingkat seolah-olah menggambarkan bangunan sebuah benteng yang sulit ditembus. Faktanya memang benar, setiap rumah selalu ditutup dengan pagar tembok tinggi, dengan pintu gerbang bisa berlapis-lapis. Apa yang ada di balik tembok adalah sebuah privasi yang tidak boleh dikonsumsi oleh publik. Karena itu saya menyarankan untuk tidak tengak-tengok atau tolah-toleh mengamati pintu di depan rumah orang Saudi atau sekedar melihat-lihat bangunan bagian atas. Sebab, umumnya mereka sangat tidak respek dengan perilaku seperti ini, bisa jadi mereka mengira kalau orang itu adalah `harami` alias `maling` atau penculik yang sedang mengintai mangsa.
11.         Tak lama setelah saya muqim di Mekkah, suatu sore saya berjalan-jalan di kawasan pertokoan di Mekkah dengan seorang kawan laki-laki dari Indonesia (asal Gondanglegi – Malang). Sebagaimana kebiasaan di Indonesia saya dan kawan saya berjalan bergandeng tangan sambil melihat-lihat barang yang ada di sepanjang pertokoan tersebut. Begitu melintasi salah satu toko yang dijaga oleh orang Arab, tiba-tiba kami ditegur oleh si penjaga toko: `Isy fak inta ya walad !…inta luthy walla eh,….haza aib, ya walad…` (apa yang kau lakukan itu, nak…! kamu homo apa bagaimana? Itu aib…). Wah…saya baru tahu, ternyata bergandengan tangan dengan sesama jenis di Saudi itu termasuk `aib` menurut mereka, sebab bisa dianggap sebagai pasangan homo.
12.         Busana orang Saudi hampir semua sama. Mereka semua memakai pakaian putih yang biasa disebut `tsaub` dengan sorban motif kotak-kotak kecil berwarna putih-merah plus diikat dengan `igal` di kepala. Performance orang Saudi yang demikian wibawa seringkali membuat orang-orang Indonesia yang baru melihat atau mengenalnya menjadi ciut nyali, minder, kurang percaya diri bahkan tak jarang yang menjadi takut, sehingga menimbulkan adanya semacam jarak dan sekat pemisah yang membatasi dalam pergaulan. Akibat berikutnya yang biasanya menimpa adalah adanya perasaan rendah diri di dalam perasaan orang-orang Indonesia ketika berhadap-hadapan dengan orang Saudi. Hal semacam ini seharusnya tidak perlu terjadi, mengingat tak ada yang membedakan antara Arab maupun bukan Arab, kecuali hanya taqwanya. Saya menduga, kultur Jawa yang melekat kuat mengiternalisasi di dalam pribadi orang-orang kita kebanyakan, yang biasanya terkenal sebagai orang yang nriman, ngalah, dan rendah hati memberi andil yang kuat terhadap munculnya perasaan rendah diri di hadapan bangsa lain seperti ini. Dalam kasus-kasus tertentu kelemahan seperti ini justru `dimanfaatkan` oleh oknum orang Saudi untuk mem-pressure, menganiaya bahkan memperbudak saudara-saudara kita di Saudi. Idealnya kita tetap harus merasa berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah, dengan tetap menjunjung tinggi etika pergaulan global yang egaliter dan jauh dari sifat arogan.
13.         Sesungguhnya di berbagai tempat-tempat pelaksanaan ibadah haji (seperti di Mina, Arafah apalagi di Haram) telah dipasang tulisan larangan keras mengambil foto.

KESIMPULAN

Pada intinya negara yang kecil memiliki keterbatasan dalam SDA dan wilayah sehingga mereka harus mampu mengatur SDA tersebut secara efektif dan efisien, Pemerintahnya harus cerdas dalam mengelola jumlah dan kualitas masyarakatnya. kebanyakan negara kecil didunia menjadikan keindahan alamnya untuk dijadikan tempat pariwisata untuk menambah pendapatan negaranya. sedangkan dalam segi keamanan mereka biasanya melakukan hubungan bilateral dengan negara tetangganya, untuk melindungi mereka.
Sedangkan negara yang besar wilayahnya mereka seharusnya lebih cepat menjadi negara maju karena SDA pasti banyak juga seperti contoh Amerika Serikat, China, Rusia, Australia. dan dalam segi keamanan mereka lebih mandiri bahkan negara besar itu berpotensi kuat dan sulit ditaklukan terlepas dari angkatan bersenjatanya yang kuat yaitu karna luas wilayahnya juga.
Menurut saya persamaan negara kecil dan besar itu mereka harus sama-sama menyesuaikan diri dengan luas wilayahnya.
Menurut saya perbedaan negara kecil dan besar dilihat dari segi manapun akan berbeda, tetapi belum tentu negara kecil itu miskin dan belum tentu juga negara besar itu kaya. Tetapi itu semua tergantung MSDM dan MSDA yang pemerintahanya lakukan.


0 komentar: